Search

Obat Batuk Herbal Menggunakan Bahan Tradisional


Batuk merupakan sebuah respon tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak ataupun pemicu iritasi lainnya. Walaupun fungsinya adalah melindungi tubuh dari terkena iritasi, namun jika tak kunjung sembuh akan terasa menjengkelkan. Oleh karena itu anda perlu mengetahui obat batuk herbal yang dapat mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh.


Aztropect Sinar Herba Radix
Aztropect Sinar Herba Radix

Ketika kita menderita batuk, biasanya akan semakin menjadi-jadi ketika malam hari tiba. Terutama dalam posisi berbaring, batuk akan semakin terasa parah. Terdapat beberapa jenis batuk yang sering dialami oleh manusia. Yakni batuk kering dan batuk berdahak, ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, asam lambung naik, hingga asma. Kali ini anda akan mengetahui obat batuk herbal yang bisa mengatasi hal tersebut.



8 Obat Batuk Herbal Yang Bisa Dibuat Dirumah


1. Teh Herbal Madu Hangat

Obat herbal pertama yang bisa anda temukan atau buat sendiri dirumah adalah teh herbal madu. Karena menurut penelitian madu merupakan obat batuk alami yang bisa meredakan batuk. Cara pembuatannya juga sangat mudah, campurkan dua sendok the madu dengan teh hangat. Kemudian minum secara rutin sekali sehari atau dua kali sehari. Tapi perlu anda ingat untuk tidak memberikan obat ini pada anak dibawah usia 1 tahun. Karena bisa menimbulkan reaksi alergi, jadi obat herbal ini hanya diberikan pada usia 1 tahun keatas.


2. Peppermint

Seperti yang kita ketahui, peppermint merupakan daun yang memiliki khasiat untuk obat herbal. Kandungan menthol dalam peppermint dapat menjadikan tenggorokan lebih tenang dan juga berfungsi sebagai pemecah lendir. Anda bisa mencampurkannya kedalam teh hangat atau menghirup aroma essensial peppermint.


3. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat memberikan sedereti manfaat bagi tubuh, salah satunya yakni mengatasi batuk. Anda bisa menggunakan probiotik jenis lactobacilus untuk mengurangi reaksi alergi seperti batuk dan pilek. Beberapa pilihan makanan atau minuman yang mengandung lactobacilus yakni yoghurt, miso sup, dan roti dengan ragi.


4. Thyme

Thyme adalah rempah rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Namun tidak disangka bahwa bumbu ini juga merupakan obat alami untuk meredakan batuk. Kandungan antioksidan dalam thyme dapat meredakan batuk, terutama batuk dengan jenis bronkitis. Anda bisa mengkonsumsi teh thyme, dengan mencampurkan dua sendok teh thyme kering kemudian dicampur dengan air hangat. Setelah itu diamkan selama 10 menit hingga warna air mulai berubah, nah the thyme sudah jadi, anda bisa meminumnya beberapa kali sehari.


5. Nanas

Buah yang satu ini ternyata mengandung bromelain yang dapat digunakan sebagai obat batuk herbal alami. Bromelain ini merupakan enzim yang terdapat pada tengah buah nanas. Enzim ini mengandung zat antiperadangan yang dapat memecah ledir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Untuk mengatasi batuk, anda bisa memakan nanas atau bisa juga dibuat jus nanas. Namun pastikan anda memakan atau mengolahnya hingga ke bagian tengah atau inti buah nanas. Dan yang perlu diperhatikan adalah jika anda mengonsumsi nanas pastikan tidak berbarengan dengan obat pengencer darah atau antibiotik tertentu. Karena jika anda melakukan hal tersebut, maka akan timbul efek samping pada tubuh anda.


6. Larutan Air Garam

Larutan air garam merupakan obat alami batuk yang sangat mudah didapatkan. Dengan berkumur menggunakan larutan garam akan mengurangi lendir yang menempel pada bagian belakang tenggorokan.

Cara membuatnya juga sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam kedalam secangkir air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur kumur, tahan dimulut beberapa saat hingga larutan daram mengenai bagian tenggorokan. Setelah itu anda bisa membuangnya. Lakukan cara ini beberapa kali hingga batuk anda mulai membaik. Namun anda tidka bisa melakukan cara ini kepada orang yang tidak bisa berkumur dengan baik.


7. Jahe

Siapa yang tidak mengetahui jahe, salah satu rempah rempah yang memiliki rasa pedas yang melegakan tenggorokan. Anda bisa menyeduh 20-40 gram jahe pada air hangat, tunggu beberapa saat sebelum meminumnya. Untuk menambah khasiat anda bisa menambahkan perasan lemon atau satu sendok the madu.


8. Perbanyak Minum Air

Dan yang terakhir yakni perbanyak minum air. Menjaga cairan tubuh pada saat keadaan batuk atau pilek merupakan hal yang sangat penting. Jadi anda bisa meminum banyak air dengan suhu ruangan.

Nah itu dia beberapa obat batuk herbal yang bisa anda temukan atau buat sendiri dirumah. Namun jika sudah menggunakan beberapa cara diatas dan batuk anda masih belum mereda dalam tiga minggu, anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Untuk anda yang malas membuat beberapa obat diatas, anda bisa membelinya di Sinar Herba Radix. Disini tersedia berbagai jenis obat herbal alami yang dapat mengatasi berbagai penyakit yang anda alami.

14 views0 comments