Search

Beragam Minuman Tradisional Untuk Kesehatan

Updated: Aug 24, 2021




Beragam Minuman Tradisional Untuk Kesehatan—Makanan dan minuman seringkali dinilai hanya sekadar dari enak atau tidak, murah atau mahal, sudah. Padahal banyak aspek selain dari rasa. Terutama menu tradisional, misalkan minuman tradisional. Minuman tradisional dipilih hanya karena hangat dan cocok dinikmati saat hujan, kemudian fotonya diunggah di media sosial. Banyak orang tidak menyadari bahwa minuman tradisional memiliki khasiat tertentu yang bagus untuk tubuh.


Apa saja minuman tradisional yang memiliki berbagai khasiat itu?


Jamu.

Siapa yang tidak kenal dengan jamu? Minuman ciri khas Indonesia ini memliki beragam khasiat. Khasiatnya mulai dari menyembuhkan batuk, meningkatkan nafsu makan, menurunkan panas sampai masalah vitalitas. Jamu terbuat dari berbagai bahan herbal yang bebas dari bahan berbahaya sehingga membuatnya selalu jadi incaran untuk obat tradisional. Memang rasanya pahit, tapi khasiatnya? Sangat baik untuk tubuh,


Bir Pletok

Walaupun namanya bir, tapi bir yang satu ini bebas alcohol. Malah bir pletok terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia. Rasanya manis dan hangat sehingga cocok dikonsumsi saat musim dingin. Minuman khas dari Betawi ini terbuat dari kapulaga, serai, kayu manis, kayu secang, dan gula. Rasanya sangat nikmat dan menyehatkan.


Limun Sarsaparila

Zaman dulu, minuman limun adalah minuman yang lazim ditemui di mana pun. Anak-anak sangat menyukai minuman ini. Mungkin kalau di zaman sekarang setara dengan soft drink atau jus. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, minuman ini semakin sulit ditemui. Jenis limun yang masih bisa ditemui adalah limun sarsaparilla. Minuman ini ternyata memiliki khasiat untuk mengobati masuk angin, efek karbonasi dari limun sarsaparilla membuat kita sendawa dengan cepat. Rasanya pun enak di lidah.


Susu Telur Madu Jahe (STMJ)

STMJ tidak mungkin dihilangkan dari minuman khas berkhasiat Indonesia. Minuman ini bisa ditemukan di semua penjuru Indonesia dengan nama dan versi yang sedikit berbeda. Dua di antaranya adalah Teh Talua di Sumatera dan Sarabba di Makasar. Bahan dasar susu, telur, madu, dan jahe ini bisa juga ditambah beragam bahan lain tergantung kebutuhan penikmat.


Tidak hanya di Indonesia, Tiongkok yang memiliki sejarah pengobatan alternatif selama ribuan tahun juga memiliki minuman tradisional khas dan dan berkhasiat. Selain berfungsi sebagai pemusnah dahaga, bermanfaat juga sebagai obat alternatif. Beberapa di antaranya:


Teh Krisan

Teh Krisan sering dijumpai pada saat perayaan Imlek. Teh ini ternyata tidak hanya segar dan nikmat, tapi juga berkhasiat menenangkan saraf, mengobati flu, dan menurunkan tekanan darah. Aromanya memberikan ketenangan dan semangat bagi siapa pun yang mencium baunya.


Mai Dong

Mai Dong ini merupakan salah satu minuman khas populer di Tiongkok yang dikonsumsi oleh pria dewasa. Minuman ini berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Orang-orang Tiongkok selalu percayakan dengan yang herbal, salah satunya adalah Mai Dong ini.

Mai Dong dibuat dari berbagai buah-buahan serta tambahan rempah-rempah. Minuman ini dikonsumsi oleh mereka yang membutuhkan banyak tenaga dalam pekerjaannya, misalkan atlet olahraga atau pekerjaan lain yang menuntut kekuatan fisik.


Jus Buah Plum

Buah plum sangat dihormati di Tiongkok, karena dipercaya sebagai lambang keabadian dan kearifan. Buah yang dianggap buah dewa ini memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Biasanya disajikan dalam bentuk jus. Buah plum sebagai obat herbal berfungsi untuk diet, menjaga kebugaran, daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.


Baiju

Baiju atau biasa disebut arak putih, merupakan salah satu minuman khas dan populer di Tiongkok. Baiju memiliki kandungan alkohol sehingga hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Minuman tradisional berkhasiat ini adalah contoh nyata penerapan prinsip percayakan dengan yang herbal. Keunggulannya adalah dapat dimanfaatkan dengan dua cara. Pertama, dengan cara diminum. Kedua, Baiju juga digunakan sebagai terapi untuk mengobati patah tulang dan cedera.


Masyarakat sering lupa atau enggan menghabiskan obat ketika obat itu berbentuk obat, kapsul, pil, atau serbuk. Karena mindset-nya sudah melihat itu sebagai obat yang harus dihabiskan. Jika tidak dihabiskan maka akan berpengaruh tidak baik bagi kesehatan, seperti memperburuk kondisi kesehatan.

Pendekatan berbeda diambil oleh pengobatan tradisional atau obat alternatif. Obat alternatif mengambil pendekatan konsumsi dengan bentuk seperti daun teh, disajikan dengan diseduh, membuat obat herbal menarik minat untuk dikonsumsi.


Namun, bagi yang ingin lebih praktis, dapat mengonsumsi obat herbal berbentuk kapsul atau pil seperti yang tersedia di Sinar Herba Radix sebagai produsen obat herbal Cina yang terkemuka. Terdapat banyak pilihan obat herbal yang memiliki banyak manfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Masalah penyakit dalam, pencernaan, otot dan sendi, kewanitaan, batuk dan tenggorokan, sampai untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok sekali untuk saat ini, kan? Harganya pun cukup terjangkau.


Karena minuman tradisional ini terdiri dari bahan-bahan alami, maka tidak memiliki efek yang membahayakan. Minuman tradisional berakar dari kebudayaan dan kebiasaan selama ratusan bahkan ribuan tahun. Jadi walaupun teknologi semakin berkembang, tidak ada salahnya untuk selalu percayakan dengan yang herbal.


2 views0 comments